Akupunktur – Lima Elemen Pengobatan Cina

Ada sejumlah model teoritis yang berbeda yang penting dalam pengobatan Cina dan akupunktur. Salah satu yang memberikan pemahaman rinci tentang dunia dan tubuh manusia adalah konsep dari lima tahap atau lima elemen. Model ini diajarkan di sebagian sekolah akupunktur dan kadang-kadang digunakan secara eksklusif oleh akupunkturis yang berpengalaman dalam gaya elemen lima dari akupunktur. Teorinya adalah bahwa dengan menggunakan lima elemen teori, dokter dapat diagnosis kondisi pasien dan titik penggunaan akupunktur untuk mengatur ketidakseimbangan antara unsur-unsur, sehingga mengobati masalah kesehatan.

Lima elemen yang terlibat dalam model ini adalah Kayu, Api, Bumi, Logam, dan Air. Setiap elemen memiliki karakteristik sendiri dan sementara orang jarang hanya satu elemen tertentu, biasanya ada kesempatan baik bahwa salah satu unsur akan berdiri di antara sisanya. Unsur tertentu yang dapat mengatur kepribadian seseorang juga dapat memberikan petunjuk ke daerah di mana masalah kesehatan mungkin muncul. Jadi apa karakteristik dari setiap elemen dan bagaimana cocok ini ke dalam kepribadian manusia?

KAYU: Unsur kayu berhubungan dengan pertumbuhan dan musim semi ini. Arah yang sesuai adalah Timur. Ini warna yang sesuai dan emosi adalah hijau dan kemarahan. Organ-organ yang berhubungan dengan kayu adalah Hati dan Kandung empedu. Mereka yang jenis Kayu cenderung mencari tantangan, gerakan cinta, petualangan dan situasi tekanan dan berusaha untuk menjadi yang terbaik dalam apa pun yang mereka menaruh pikiran mereka untuk. Masalah yang mungkin mengganggu jenis Kayu termasuk lekas marah, perilaku impulsif atau memanjakan, sakit kepala, kejang otot dan tekanan darah tinggi. Sebuah keseimbangan yang baik ditemukan dalam kemampuan untuk tetap fleksibel dan moderat tingkat intensitasnya.

API: Elemen api dikaitkan dengan kehangatan, berkembang dan musim panas. Arah yang sesuai adalah Selatan. Ini warna yang sesuai dan emosi adalah merah dan sukacita. Organ-organ yang berhubungan dengan Api meliputi Jantung, Perikardium, Usus Kecil, dan Warmer Triple. Mereka yang jenis Api mencintai kegembiraan dan drama dan menemukan diri mereka untuk menjadi intuitif, empati dan bersemangat dalam roh. Isu yang dapat mempengaruhi jenis Api termasuk kecemasan, agitasi, kelelahan, insomnia jantung berdebar, dan ruam. Jenis kebakaran harus berusaha untuk melestarikan sumber daya tubuh mereka rohani, fisik dan emosional sementara temper kekuatan mereka.

BUMI: Elemen bumi berhubungan dengan keseimbangan dan periode perubahan antara musim. Arah yang sesuai adalah pusat seimbang. Ini warna yang sesuai dan emosi adalah oranye-kuning dan kontemplasi atau khawatir. Organ-organ yang berhubungan dengan Bumi adalah Limpa dan Lambung. Jenis Bumi berusaha untuk terlibat dan dibutuhkan. Mereka menikmati kesempatan untuk bertanggung jawab di balik layar dan bersikeras pada harmoni dan akomodasi di seluruh aspek kehidupan mereka. Jenis Bumi dapat menderita keraguan khawatir atau diri dan cenderung terlalu melindungi dan mengecewakan dengan mudah bila harapan mereka tidak terpenuhi. Gejala fisik dapat mencakup kelelahan, keluhan pencernaan dan nyeri otot konstan dijelaskan. Sebuah tipe Bumi perlu mengambil waktu untuk memisahkan diri dari hubungan mereka dan mengembangkan kemandirian.

LOGAM: Unsur logam dikaitkan dengan awal pembusukan dan musim gugur. Arah yang sesuai adalah Barat. Warna dan emosi yang terkait dengan logam putih dan kesedihan. Organ-organ yang berhubungan dengan logam adalah Paru dan Usus Besar. Jenis logam hormat alasan dan prinsip dan mengharapkan orang lain untuk disiplin dan hidup untuk standar yang tinggi. Isu yang dapat mempengaruhi jenis logam termasuk menjadi acuh tak acuh dan terlepas serta terlalu formal dan ketat. Kulit kering, kesulitan pernapasan, sendi kaku dan sirkulasi yang buruk sering mempengaruhi jenis logam. Logam jenis sebaiknya menggabungkan spontanitas lebih, semangat dan kegiatan sosial ke dalam kehidupan mereka.

AIR: Unsur air berkaitan dengan introversi dan musim dingin. Arah yang sesuai adalah Utara. Warna dan emosi yang terkait dengan air berwarna hitam dan ketakutan. Organ-organ yang berhubungan dengan Air adalah Ginjal dan kandung kemih. Jenis Air adalah teka-teki dan pintar, introspektif dan mandiri. Mereka sangat tertarik pada pengetahuan dan pemahaman. Jenis Air mungkin menemukan diri mereka menderita isolasi dan kesepian serta menggigil, sakit punggung, kehilangan libido dan visi mungkin tumpul atau pendengaran.

Untuk mendapatkan ide dari cara Qi mengalir melalui elemen ini, yang terbaik adalah membayangkan segi lima. Qi bergerak secara melingkar dari kayu melalui api, tanah, logam dan air elemen. Selain gerakan melingkar dari energi melalui mereka, elemen memiliki hubungan dengan elemen di sisi lain dari segi lima. Dengan cara ini, setiap elemen dihubungkan dalam beberapa cara ke empat lainnya dan dapat dipengaruhi secara negatif selama periode kelebihan atau kekurangan. Inilah sebabnya mengapa kadang-kadang sulit untuk benar-benar menentukan apa elemen Anda mungkin dikategorikan sebagai.