Relawan Tim Medis RSUD Lubuk Basung dan Semen Padang Bantu Pengobatan Korban Tsunami Mentawai

oleh Dr. Hermansyah, SpOT

Relawan Tim Medis RSUD Lubuk Basung/ Semen Padang Bantu Pengobatan dan operasi Puluhan Warga Mentawai
Selama seminggu di Mentawai, 18 tim relawan RSUD Lubuk Basung/ Semen Padang yang membawa dokter spesialis orthopedi (bedah tulang) dan traumatologi dengan membawa perlengkapan medis untuk bisa melakukan operasi pasien korban Tsunami Mentawai, karena tim menyadari bahwa sangat diperlukan peralatan yang memadai untuk bisa  melakukan operasi, serta melakukan pengobatan gratis korban gempa dan tsunami, dandisamping itu juga menyalurkan bantuan logistik ke Sikakap, Pagai Utara, dan Pagai Selatan.

Relawan Tim Medis RSUD Lubuk Basung di  Teluk bayur, sesaat sebelum keberangkatan ke Mentawai dengan KRI Teluk Cirebon (537), 1/11-2010

“Kami tiba di Mentawai Senin, 1 November 2010 pukul 18.30 wib, dan berposko di Sikakap. Pada hari pertama sampai, tim langsung membantu operasi tiga korban gempa di Sikakap,” kata Koordinator tim relawan RSUD Lubuk Basung Dr. Hermansyah, SpOT, dan malam itu juga langsung ikut rapat koordinasi gabungan dengan Bupati Mentawai, ketua BNPB, BNPBD, dan muspida kab. Mentawai, dan menentukan rencana kegiatan selanjutnya.

Tim relawan RSUD Lubuk Basung/ Semen Padang di Posko Sikakap Mentawai terdiri dari tim logistik dan tim medis. Selain berposko di Sikakap, tim relawan RSUD Lubuk Basung/ Semen Padang harus bolak-balik ke Pagai Selatan,dan Pagai Utara. Pengobatan gratis dilakukan di Desa Polaga dan Beleraksok, Pagai Selatan. Di Polaga ini, tim relawan juga mendirikan Posko di Posyandu setempat. Sedangkan di kecamatan Pagai Utara, tim memberikan pengobatan gratis di Dusun Sibae – Bae.

Pada Selasa (2/11), dokter bedah dari tim relawan Semen Padang yakni dr. Hermansyah SpOT, melakukan operasi 3 orang pasien korban Tsunami bekerjasama dengan tim kesehatan RSUP Dr. M. Djamil Padang/ Dinas Kesehatan Tk1 Sumatera Barat’ di RS lapngan Kostrad di Sikakap.

Rumah Sakit lapangan Kostrad Sikakap Mentawai Sumatera Barat

Pada Rabunya, tim relawan RSUD Lubuk Basung/ Semen Padang dan Tim Bulan Sabit Merah (BSMI) yang dipimpin dr. Hermansyah, SpOT kembali melakukan operasi di RS lapangan Kostrad di Sikakap, pada hari itu tim lainnya melakukan pengobatan massal di Polaga dan Dusun Bele Raksok. Pada Kamisnya, tim kembali melakukan pengobatan massal di Desa Polaga dan Bele Raksok. Tim Dokter bedah juga terus melakukan operasi seluruh pasen yang masih dirawat di RS lapangan Kostrad di Sikakap. Total pasien yang dioperasi selama Tim berada di Sikakap Mentawai sebanyak 16 orang pasien.

Persiapan operasi pasien patah tulang paha Alexius 13 th

Operasi pasien patah tulang an. Alexius 13 th, merupakan operasi penyambungan patah tulang pertama kali yang dilakukan di RS Lapangan Kostrad Sikakap Mentawai

Pornita 39 th, Pasien dengan Patah tulang paha terbuka grade IIIB yang sudah membusuk, dengan tanda-tanda tetanus

Pornita 39 th, Pasien dengan Patah tulang paha terbuka grade IIIB yang sudah membusuk, setelah balutan dibuka

Operasi pembersihan luka (debridement) dan pemasangan fiksasi eksterna pasien Pornita 39 th

Sementara tim logistik melakukan survei ke Pagai Selatan, ke Dusun Bulasat, Kinumbuk, Tapak Jaya, Bake dan Lagigi.
“Sulitnya medan, dan cuaca yang buruk, membuat kami agak kesulitan dalam penyaluran bantuan,” ujar Iskandar, sebagai koordinator relawan RSUD Lubuk Basung/ Semen Padang
Pada Jumat (5/11), tim relawan melakukan pengobatan gratis di Dusun Sibae-bae, menyerahkan bantuan logistik dan tenda untuk Masyarakat Goa-goa dan masyarakat Muara Taikako.
Sedangkan pada Sabtu (6/11), tim relawan memberikan bantuan logistik untuk Dusun Bake dan Lagigi bekerjasama dengan marinir. Tim juga memberikan sisa obat ke Puskesmas Sikakap, memberikan sisa obat untuk Tim Kesehatan Kostrad, dan memberikan bantuan untuk masyarakat Desa Silabu Desa Goagoa.
“Alhamdulillah kami bisa menunaikan tugas dengan baik dan memuaskan” kata Iskandar.

Tim relawan RSUD Lubuk Basung/ Semen Padang didepan Posko di Kantor kepala desa Sikakap Mentawai, sesaat sebelum turun ke lapangan

Tim relawan RSUD Lubuk Basung/ Semen Padang itu berintikan:
1. Ir. Iskandar Z Lubis (koordinator)
2. Dr Hermansyah, Sp.OT (spesialis orthopedi dan traumatologi)
3. Dr.Elfira Yusri, dr.Andri Kurniawan, dr.Desilina, M.Epid (Dokter umum)
4. Mardoni, AMd Kep, Yandra, AMD (perawat kamar operasi)
5. M.Arsyad AMD Kep, Arsianto Arri Putra, AMd.Kep (perawat)
6. Yosrida Risman (Ass Apoteker)
7. Aulia Rahman., Ardistak, Yusrizal, Adrizal, Erman J, Rayani R, Edrizaldi, teknik dan logistik
8. Riferro Wartawan

Tim Gabungan RSUD Lubuk Basung/ Semen Padang saat kembali dengn KRI Gilimanuk (531)
Setelah seminggu di Mentawai, tim relawan RSUD Lubuk Basung/ Semen Padang pulang Minggu sore (7/11) ke Padang.

Dr. Hermansyah, SpOT

Lubuk Basung, 30 Nopember 2010