Artikel Kedokteran: Dogma Sentral Biologi Molekuler

Dogma Sentral Biologi MolekulerDogma sentral biologi molekuler merupakan salah satu konsep penting untuk menjelaskan kerja gen dalam membentuk rantai polipeptida. Dogma sentral tersebut adalah :

  • DNA membentuk RNA melalui proses yang disebut transkripsi.Pada proses transkripsi ini  kode atau informasi genetic di dalam DNA dialihkan ke RNA.
  • RNA dengan kode genetik yang diterima dari DNA membentuk protein melalui proses translasi.

Protein yang dihasilkan adalah final, artinya begitu informasi yang diterjemahkan menjadi protein maka informasi tersebut tidak berbalik lagi. Artinya dogma sentral berlangsung satu arah yaitu transkripsi informasi genetik dari DNA ke RNA dan translasi menjadi protein.

Transkripsi DNA menjadi RNA lalu protein : dogma ini   membentuk tulang punggung dari biologi molekuler dan ditandai oleh 3 tahap utama.

Tahap Pertama

DNA mereplikasi informasinya dalam suatu proses yang melibatkan banyak enzim : replikasi (The Central Dogma of Molecular Biology). DNA mengkode produksi messenger RNA (mRNA) selama transkripsi (The Dogma Central of Molecular Biology).

Selama sintesis RNA, kedua rantai molekul DNA sementara dipisahkan; salah satu rantai kemudian digunakan sebagai cetakan untuk mensintesis molekul RNA. Kode triplet dalam DNA akan menyebabkan pembentukan kode triplet pelengkap (disebut kodon) di dalam RNA; kodon ini selanjutnya akan mengatur rangkaian asam amino dalam sebuah protein untuk disintesis selanjutnya di sitoplasma.

Tahap Kedua

Dalam sel eukariotik, mRNA dibentuk dan bermigrasi dari nucleus ke sitoplasma (The Dogma Central of Molecular Biology). Sesudah molekul RNA dilepaskan ke dalam nukleoplasma, molekul RNA masih harus diolah lagi lebih lanjut sebelum meninggalkan nukleus dan masuk ke dalam sitoplasma. Ada tiga jenis RNA, masing-masing memainkan peranan yang tidak saling bergantung dan berbeda seluruhnya dalam pembentukan protein. Ketiganya adalah mRNA, tRNA, dan rRNA.

Tahap Ketiga

Messenger RNA membawa kode informasi ke ribosom. Ribosom membaca informasi ini dan menggunakannya untuk sintesis protein. Proses ini disebut translasi (The Dogma Central of Molecular Biology).

RNA ribosom adalah suatu komponen esensial ribosom, ‘meja kerja’ untuk sintesis protein. RNA ribosom membaca kode sekuens-basa pada mRNA dan menerjemahkannya menjadi sekuens asam amino yang sesuai selama sintesis protein. RNA transfer memindahkan asam-asam amino yang sesuai di sitosol ke tempat yang telah ditentukan di sekuens asam amino protein yang sedang dibentuk.