Fase Mitosis dalam Siklus Sel

Loading...

Fase Mitosis dalam Siklus SelProses pemecahan sel yang sesungguhnya menjadi dua sel baru disebut sebagai mitosis.

Tahap-tahap dari mitosis adalah:

Profase

Tahap pertama dari mitosis. Sewaktu kumparan sedang dibentuk, kromosom dalam nukleus, yang dalam fase interfase terdiri atas rangkaian kumparan longgar, dipadatkan menjadi bentuk kromosom  yang lebih mantap.

Prometafase

Selama fase ini, duri-duri mikrotubulus yang sedang tumbuh dari aster mnenusuk dan memecahkan pembungkus nukleus. Pada waktu yang sama, berbagai mikrotubulus dari aster melekat pada kromatid di sentromer, di mana kromatid yang berpasangan masih berikatan satu sama lain.

Metafase

Selama metafase, kedua aster dari apatarus mitosis akan didorong lebih jauh lagi. Keadaan ini diyakini terjadi karena duri-duri mikrotubulus dari kedua aster, di mana duri-duri tersebut saling berinterdigitasi satu sama lain untuk membentuk gelendong mitosis, sesungguhnya didorong menjauhi satu sama lain.

Secara bersamaan, kromatid ditarik dengan ketat oleh mikrotubulus ke bagian pusat sel, tersusun membentuk lempeng ekuatorial dari gelendong mitosis.

Anafase

Selama fase ini, kedua kromatid dari setiap kromosom ditarik terpisah pada sentromer. Semua 46 pasang kromatid dipisahkan, membentuk dua perangkat 46 kromosom anak yang terpisah. Satu dari perangkat ini ditarik menuju satu aster mitotik dan yang lain menuju aster yang lain sewaktu kedua kutub yang berurutan dari sel yang membelah didorong menjauh.

Telofase

Dalam telofase, kedua perangkat kromosom anak sekarang secara menyeluruh ditarik menjauh. Kemudian aparatus mitosis menghilang, dan terbentuk sebuah membran nukleus yang baru terbentuk di sekitare setiap perangkat kromosom.

Loading...