Hubungan Antara Umur dan Kematian Akibat PJK

Loading...

Hubungan Antara Umur dan Kematian Akibat PJKINFOKEDOKTERAN.COM – Hubungan antara umur dan kematian akibat PJK. Telah dibuktikan adanya hubungan antara umur dan kematian akibat penyakit jantung koroner (PJK).

Sebagian besar kasus kematian terjadi pada laki-laki umur 35-44 tahun dan meningkat dengan bertambahnya umur.

Kadar kolesterol pada laki-laki dan perempuan mulai meningkat umur 20 tahun. Pada laki-laki kolesterol meningkat sampai umur 50 tahun.

Pada perempuan sebelum menopause (45-50 tahun) lebih rendah dari pada laki-laki dengan umur yang sama. Setelah menopause kadar kolesterol perempuan meningkat menjadi lebih tinggi dari pada laki-laki.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilaporkan oleh American Heart Association pada tahun 1994 mengenai hubungan antara jenis kelamin dan umur sebagai faktor resiko penyakit kardiovaskuler yang dikaitkan dengan penyakit jantung koroner diungkapkan bahwa pada kedua kelompok jenis kelamin, peningkatan resiko penyakit jantung koroner makin bertambah seiring pertambahan usia seseorang.

Keadaan ini dihubungkan dengan adanya peningkatan kadar kolesterol total seiring dengan pertambahan usia baik pada pria maupun pada wanita.

Hal ini juga tidak lepas dari peningkatan tekanan darah seseorang seiring dengan pertambahan usia dan sangat nyata didapatkan pada wanita dibandingkan pria.

Loading...