Tips Perawatan Tubuh untuk Pria

Loading...

Memang merawat tubuh bagi pria tidak serumit seperti pada wanita, tapi jangan sepelekan kegunaannya. Dengan merawat tubuh secara teratur agar selalu tampak bersih dan rapi, kesehatan Anda juga akan lebih terjaga, orang lain pun akan lebih menghargai Anda, apalagi orang terdekat Anda. Untuk itu, ucapkan selamat tinggal terlebih dahulu kepada bulu alis lebat ataupun bulu hidung Anda yang tebal.

Berikut adalah tips-tips perawatan tubuh untuk pria agar Anda bisa tampil ‘lebih’ di hari kasih sayang:

Hilangkan Bau Mulut
Bau mulut adalah masalah klasik. Tapi bagaimana Anda tahu Anda mempunyai bau mulut atau tidak? Anda dapat mengetahuinya dengan menjilat sedikit punggung tangan Anda, tunggu, dan bau. Atasi masalah ini dengan rajin menggosok gigi dengan benar dan membersihkan lidah Anda, karena lidah yang kotor adalah salah satu dari penyebab utama bau mulut. Anda pun dapat pergi ke dokter untuk mengonsultasikan hal ini, bisa jadi penyebab bau mulut yang Anda alami berasal dari masalah gigi ataupun infeksi pada gusi.

Rapihkan Rambut Pada Hidung dan Telinga
Saat rambut Anda mulai rontok, rambut hidung dan telinga Anda mulai menebal. Hati-hati, Anda tidak bisa mencabut rambut hidung dan telinga, karena selain menyakitkan, rambut-rambut tersebut sangat berguna untuk menyaring udara. Untuk itu Anda dapat menggunakan gunting ataupun pemangkas rambut elektrik untuk mengurangi rambut hidung dan telinga yang terlihat di permukaan.

Perawatan Tangan dan Kuku
Jangan sepelekan kebersihan tangan dan kuku. Tangan adalah bagian kecil dari tubuh yang sering diperhatikan oleh orang. Saat berjabatan tangan misalnya, kuku compang-camping dan tangan yang kotor sangatlah tidak jantan. Perimbangkan untuk mendapatkan perawatan manikur, jangan berpikir bahwa manikur hanya dilakukan oleh wanita, karena banyak pria yang memang membutuhkan manikur demi menjaga kesehatan tangan dan kukunya. Jika Anda masih tidak nyaman untuk melakukan manikur ke salon, Anda dapat memotong kuku secara rutin di rumah dan membeli nail brush untuk menyikat kuku Anda hingga bersih.

Rambut Tipis
Jika Anda memiliki rambut yang menipis, lebih baik jangan menutupinya dengan rambut yang lebih panjang, memakai banyak produk, atau menatanya dengan cara yang rumit. Tidak ada yang bisa ditipu kecuali Anda sendiri. Potonglah rambut Anda hingga pendek atau cukur seluruh rambut Anda. Dengan begitu Anda akan terlihat lebih baik dan tidak memalukan diri Anda sendiri.

Hindari Bau Badan
Anda dapat menggunakan cologne, tapi jangan Anda campur juga dengan wewangian lain seperti sabun wangi, aftershave, deodoran, ataupun krim wajah. Tercium dengan berbagai wewangian yang dicampur bukanlah ide yang baik. Jangan terlalu berusaha untuk menjadi wangi, usahakan agar wangi badan Anda tercium dengan halus. Yang perlu dipertimbangkan juga, bahwa semakin banyak Anda memberi wewangian pada kulit Anda, maka kulit Anda akan semakin beresiko terkena iritasi.

Jangan Terburu-buru Saat Mencukur
Lebih baik Anda datang ke kantor dengan sedikit jenggot daripada dagu yang penuh akan luka karena terkena pisau cukur. Hati-hatilah saat mencukur jenggot Anda, walaupun itu sudah merupakan kegiatan rutin Anda setiap paginya, tapi kesalahan masih bisa terjadi, terlebih lagi jika Anda masih belum sepenuhnya sadar dari tidur.

Kulit dan Matahari
Kulit yang banyak terkena sinar matahari lama kelamaan akan membuat kulit Anda menjadi keriput, dan Anda akan tampak jauh lebih tua dari umur Anda sesungguhnya. Anda dapat melindungi kulit Anda dari sinar matahari dengan menggunakan krim wajah yang mengandung sunblock dan memiliki SPF 15 atau lebih.

Cucilah Muka Anda dengan Benar
Bukanlah hal yang bijak jika melakukan cuci muka dengan sabun dan mengusapnya dengan keras sebagaimana tenaga yang sama untuk membersihkan bagian badan lainnya. Kulit wajah lebih sensitif daripada permukaan kulit bagian tubuh lainnya, menggosoknya terlalu keras juga menyebabkan kulit bersisik dan kering, bukanlah wajah yang ingin dilihat oleh sebagian umum wanita. Hindari sabun wajah yang memiliki aroma wangi yang kuat, dan pilihlah sabun wajah yang lembut.

Perawatan Kaki
Dari semua bagian tubuh, pasti kaki adalah bagian terakhir yang Anda perhatikan. Namun pasangan Anda pasti tertarik untuk melihat kaki tersebut, apalagi jika kuku kaki Anda tidak sengaja menggores kulitnya saat malam hari. Potonglah kuku Anda secara teratur, rendam kaki Anda dengan air hangat dan gosoklah kulit mati yang ada pada kulit kaki Anda dengan batu apung.

Gizi Seimbang & Stamina OK
Dan aspek terakhir dan terpenting adalah kesehatan. Anda tak mungkin tampil cemerlang di kasih sayang menarik perhatian lawan jenis idaman Anda dengan kondisi tubuh tidak prima, oleh karena itu makanlah makanan dan minuman yang menyehat kan dan memenuhi tepat kebutuhan gizi tubuh Anda, ditambah baik lagi jika Anda memiliki kebiasaan rutinitas olahraga yang tetap dan disiplin setiap hari. Tubuh Anda akan tampil dalam keadaan prima di hari kasih sayang.

Sesempat mungkin luangkanlah waktu Anda untuk merawat tubuh Anda. Dengan Anda menghargai diri Anda sendiri maka orang lain akan ikut menghargai Anda. Mungkin tips-tips ini terlihat kurang praktis bagi Anda, tapi Anda akan menyukai hasilnya, begitu juga dengan pasangan Anda.

Loading...