Pengobatan dan Pencegahan Pada Penyakit Creeping Eruption

Loading...

Definisi
Kelainan kulit yang merupakan peradangan berbentuk linear atau berkelok-kelok, menimbul dan progresif, disebabkan oleh invasi larva cacing tambang yang berasal dari anjing dan kucing.

Gejala
Masuknya telur ke dalam kulit biasanya disertai dengan rasa gatal dan panas. Mula-mula akan terbentuk papul, kemudian diikuti bentuk yang khas, yakni lesi berbentuk linear atau berkelok-kelok, menimbul dengan diameter 2-3 mm, dan berwarna kemerahan. Selanjutnya papul merah ini akan menjalar seperti benang berkelok-kelok, menimbul dan membentuk terowongan, mencapai panjang beberapa sentimeter. Rasa gatal biasanya lebih hebat pada malam hari. Infeksi biasanya menyerang kaki, tangan, anus, bokong dan paha.

Pengobatan
Penyakit ini dapat sembuh sendiri. Dalam banyak kasus, penyakit ini akan sembuh sendiri tanpa pengobatan dalam 4-8 minggu. Namun, pengobatan yang efektif dapat mengurangi durasi penyakit ini. Anticacing seperti tiabendazol, albendazol, mebendazol dam ivermectin dapat digunakan. Larutan tiabendazol yang dioleskan merupakan pengobatan pilihan pertama pada awal gejala dan lesi yang terlokalisir. Pengobatan per oral diberikan bila lesi meluas atau pengobatan dengan larutan tiabendazol gagal.

Penyebab
Penyebabnya adalah cacing tambang yang biasa hidup di dalam tubuh kucing atau anjing. Telur cacing masuk ke tubuh manusia melalui kontak kulit dengan telur yang berada di kotoran anjing atau kucing.

Pencegahan
Menggunakan sepatu di daerah endemis (daerah dimana angka kejadian infeksi cacing tambang tinggi) dapat mencegah penetrasi telur cacing lewat kaki.

Loading...